Connect with us

Inspirasi

Inilah 5 Wisata Alam Antimainstream di Kediri

Published

on

Kediri belum lama ini menjadi buah bibir karena masuk kawasan yang sebaiknya tidak didatangi Jokowi. Daerah yang dulunya adalah wilayah Kerajaan Kadiri ini dipercaya sebagian pihak memberi pengaruh buruk bagi kelanjutan kuasa seorang presiden. Siapa yang singgah di Kediri konon tidak lama kemudian lengser  jabatannya.

Mengingat lokasi Kediri berada di tengah-tengah provinsi Jawa Timur, membuat daerah ini tidak memiliki pantai. Banyak orang kemudian berasumsi bahwa baik Kota maupun Kabupaten Kediri adalah daerah yang membosankan dan tidak ada daya tariknya. Padahal ada banyak pilihan tempat wisata.

Mulai dari wisata alam , obyek wisata buatan seperti taman bermain, wisata edukasi, wisata kuliner, hingga wisata belanja. Selain tempat wisata mainstream seperti Monumen Simpang Lima Gumul, Wisata Gunung Kelud, hingga Gua Selomangleng, berikut 5 tempat wisata alam antimainstream yang ada di Kediri.

1. Wisata Air Terjun Dolo

Wilayah Kediri diapit oleh dua gunung. Di sisi barat ada Gunung Wilis. Di sinilah lokasi Wisata Air Terjun Dolo. Lokasi tepatnya ada di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri.  Untuk bisa sampai ke sana, pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil.

Jalur menuju ke sana sudah cukup baik. Kondisi aspalnya mulus. Jalurnya sedikit berkelok seperti jalur pegunungan pada umumnya. Hanya saja tanjakannya tidak terlalu ekstrim sehingga kendaraan dengan cc berapapun pasti akan kuat melewati medan asalkan rem dan lampu kendaraan dalam kondisi baik.

Ketika sampai di lokasi, pengunjung harus memarkir kendaraannya lalu melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki. Jalurnya sudah dibangunkan anak-anak tangga sehingga memudahkan pengunjung. Meski demikian diperlukan waktu setidaknya 15-20 menit untuk meniti ribuan anak tangga yang naik turun.

Rasa letih tersebut akan terbayar ketika sampai di lokasi karena disambut dengan guyuran air terjun Dolo yang menyegarkan.  Para pengunjung juga bisa mampir ke warung-warung lesehan yang disediakan di sepanjang jalur. Ada yang menawarkan minuman seperti teh atau kopi, ada pula yang menyediakan mie instan. 

2. Air Terjun Irenggolo

Lokasinya tidak jauh dari Wisata Air Terjun Dolo yakni sekitar 4 Km saja. Hanya saja jalur menuju ke air terjun ini lebih terjal dan sempit. Perlu kecakapan dan ekstra hati-hati terutama bagi para pengemudi roda empat. Meski sedikit terjal, perjalanan menuju obyek ini tidak akan membosankan karena ada banyak pemandangan alam yang indah dan menyegarkan.

Sedikit berbeda dengan air terjun pada umumnya, Air Terjun Irenggolo memiliki kontur yang berundak-undak. Aliran airnya deras dan seakan-akan mengalir jatuh melewati anak-anak tangga raksasa. Suhu airnya yang dingin membuat siapa saja enggan untuk kembali pulang apalagi setelah capek menempuh perjalanan panjang yang melelahkan.

3. Bukit Dhoho Indah

Tempat wisata ini masih berada di kawasan Gunung Wilis hanya saja lebih rendah dan dekat dengan permukiman penduduk. Lokasi tepatnya berada di Desa Tiron, Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri. Tema yang diangkat pun masih seputar alam namun ditambah beberapa arena bermain.

Yang paling terkenal dari tempat ini adalah hammock warna-warni yang disediakan pengelola. Tidak hanya disuguhi pemandangan hijau dan suasana yang tenang saja, para pengunjung bisa merasakan sensasi bergelantungan santai di antara pohon-pohon. Aktivitas bersantai di hammock inipun cukup instagramable untuk dipamerkan di media sosial.

Selain hammock, ada banyak wahana yang disediakan. Mulai dari sarana outbond, kolam pemancingan, gazebo, hingga arena bermain anak.

4. Kafe Kebun Bibit

Kafe Kebun bibit berada di tengah-tengah Kabupaten Kediri tepatnya di Jalan Raya Mejono, Desa Tegowangi, Kecamatan Plemahan.  Awalnya tempat ini hanya ditujukan sebagai tempat nongkrong ala kafe. Namun karena ada banyak obyek yang instagramable seperti rumah berbentuk segitiga yang menyerupai rumah kurcaci dalam cerita putri salju membuat pamor kafe ini menyaingi tempat wisata.

Kafe ini diberi nama kebun bibit karena ada banyak bibit tanaman buah maupun bunga yang dijual di sana. Makanya mereka yang datang tidak hanya anak-anak muda saja. Ada banyak pengunjung lintas generasi mulai dari anak-anak sekolah hingga orang tua. Mereka datang tidak hanya untuk nongkrong dan foto-foto saja tapi juga belajar tentang lingkungan hidup.

5. Kampoeng Anggrek

Kampoeng Anggrek merupakan salah satu pilihan wisata yang ada di lereng Gunung Kelud tepatnya berada di Dusun Sumberpetung, Desa Sempu, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri. Wisata alam ini menawarkan beraneka macam jenis dan varietas bunga anggrek yang berada di lahan seluas 400 Ha. Sangat menarik bagi kalian pecinta anggrek.

Untuk budidaya dan pembibitannya dilakukan di dalam greenhouse. Tidak hanya itu, di sana juga ada laboratorium anggrek dengan metode kultur jaringan. Sedangkan koleksinya mencapai 20 spesies anggrek yang dibudidayakan menjadi ribuan tanaman.

Bunga anggrek di kampoeng anggrek tersebut tidak hanya dipamerkan saja. Pengelola juga memasarkan bunga maupun bibit anggrek sehingga pengunjung bisa menikmati beraneka ragam bunga sekaligus berbelanja.

Jadi, masih menganggap Kediri sebagai tempat yang membosankan?

Continue Reading

Inspirasi

Di Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia ke-76 Polisi Polres Kediri Kota Ajak Masyarakat Pengguna Jalan Berhenti dan Hormat Bendera

Published

on

Kediriselaludihati.com – Satlantas Polres Kediri Kota dan pengguna jalan di Kota Kediri memberi  penghormatan kepada bendera merah putih secara serentak di jalan protokol. Kegiatan dilakukan dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan Bangsa Indonesia ke-76 ,Selasa  17 Agustus 2021.

Beberapa lokasi yang dijadikan lokasi penghormatan Sang Saka Merah Putih antara lain  di simpang empat alun alun Kota Kediri, simpang empat Jembatan Brawijaya Kediri, simpang empat Semampir dan Depan Mako Satlantas Polres Kediri Kota , Jl Brawijaya 25 Kota Kediri.

“Kami megamengajak masyarakat Kota Kediri yang melintas di tempat –tempat tersebut diatas  untuk menghomat Bendera Merah Putih tepat Pukul 10.17 Sampai 10.20 WIB,” kata AKP Arpan, S.IK, MH, M.Si, Kasatlantas Polres Kediri Kota. (res|aro)

Continue Reading

Inspirasi

Sambut Tahun Baru Islam, Bhabinkamtibmas Dermo Santuni Disabilitas

Published

on

Kediriselaludihati.com – Bhabinkamtibmas (BKTM) Kelurahan  Dermo Polsek Mojoroto Polres Kediri Kota Aiptu Suhartono melaksanakan acara berbagi dalam rangka menyambut Tahun baru Islam I Muharam 1443 Hijriah  memberikan bantuan nasi kotak DAN  uang saku  bersama 3 ( tiga )  warga Disabilitas Kel Dermo..

Kegiatan dilakukan sebagai bentuk empati BKTM pada warga Disabilitas di kelurahan binaan  di tengah pandemi covit-19 dan beri arahan selama beraktifitas di luar rumah agar selalu mematuhi protokol kesehatan dan jangan minder dalam bergaul & serta  selama pandemi covid-19 patuhi prokes  dengan cara 5 M.

Agar ikut menghimbau kesadaran warganya untuk saling menjaga keamanan lingkunganya guna antisipasi kerawanan 3 C ,serta antisipasi paham radikal serta tangkal berita hoak yang banyak berkembang saat ini  ( saring sebelum sharing ) supaya tercipta situasi aman yang kondusif,

Sementara BKTM Polsek Grogol Polres Kediri Kota Aiptu Hendro Chy. Tempat    Pasar Gringging Kecamatan  Grogol Kabupaten  Kediri. Bhabinkamtibmas melaksanakan   himbauan masyarakat untuk tetap mematuhi Protokol Kesehatan, sesuai anjuran dari Pemerintah, sebagai Implementasi yaitu Inpres No 06 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan.

Sekaligus sosialisasinya, Pergub Jatim No 53 Tahun 2020 tentang Penerapan Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian COVID 19 dan PerBub No. 44 Tahun 2020 ttg Penerapan Protokol Kesehatan (5 M Memakai Masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas di luar rumah ).

“Selama kegiatan berjalan aman, lancara dan terkendali serta dengan menerapkan protokol kesehatan,” kata AKP Kristin Kusuma Ratih, Kasat Binmas Polres Kediri Kota. (res/an).

Continue Reading

Inspirasi

Polsek Mojoroto Sampaikan Imbauan Larangan Mudik kepada warga

Published

on

Kediriselaludihati.com –Polsek Mojoroto, Polres Kediri Kota melaksanakan kegiatan   geruduk masjid di wilayah hukum Polsek Mojoroto . Geruduk Masjid merupakan bagian dari Jegiatan SANTRI PANJALU di Wilayah Hukum Polsek Mojoroto   yang digelar pada  Jumat tanggal 30 April 2021 Jam 18.30 –  19.45 WIB.

Lokasi Masjid Al Barokah Siti Inggil RT 02 RW 03 Lingk. Lirboyo Kel Lirboyo Kota Kediri. Imam    M  Soleh, penceramah Ustad Agung Suprapto . Himbauan Perlunya mematuhi Prokes di musim Pandemi 5 M oleh Kapolsek Mojoroto Kompol Gatot Setyo Budi,SH.

Himbauan Larangan Mudik bagi keluarga yang ada diperantauan untuk jangan mudik cukup Video Call lewat WA guna mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus corona.  Bahwa situasi Kamtibmas Wil hukum Mojoroto cukup kondusif akan tetapi tetap warpada menjelang hari Raya Idul Fitri.

“Jamaah menerima dengan baik himbauan yang diberikan dan dapat memutus mata rantai penyebaran covid 19,” kata Kapolsek Mojoroto, Kompol Gatot Setyo Budi,SH. (res/an)

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 kediriselaludihati.com