Connect with us

Peristiwa

Inilah Langkah Pemkot dan Polres Kediri Kota Cegah Perluasan PMK

Published

on

Kediriselaludihati.com – Dalam rangka  mengendalikan tren kenaikan kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) menyambangi kandang peternak di Kecamatan Mojoroto dan Pesantren, Senin (13/6).

Kegiatan dilakukan  untuk memantau perkembangan kasus PMK di Kota Kediri, “Hari ini ada dua tim, yaitu tim Mojoroto dan tim Pesantren dikarenakan ada penambahan kasus,” kata  Mohammad Ridwan, Kepala DKPP Kota Kediri.

Di Kecamatan Pesantren, kata Ridwan terjadi penambahan tiga kasus ternak sapi yang positif dan 15 kasus sembuh.

Hingga hari ini, terdapat ternak sapi dengan 102 kasus positif PMK di Kota Kediri. Rinciannya 73 kasus aktif dan 29 sembuh.

“Kasus pertama kami temukan tanggal 31 Mei 2022 di Kelurahan Bandar Lor, kedua Kelurahan Betet, ketiga Kelurahan Blabak. Kasus pertama sudah sembuh semua,” terang Ridwan.

Dalam upaya penyembuhan hewan, pihaknya terus memantau proses pengobatan yang terdiri dari pemberian antibiotik untuk infeksi sekunder, analgesik untuk rangkaian nyeri dan luka, serta multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Guna melengkapi upaya tersebut, DKPP Kota Kediri juga menggaungkan edukasi kepada para peternak mengenai prosedur penyembuhan PMK.

“Jadi ada tiga langkah yang kami tempuh, yaitu pengobatan, edukasi, dan desinveksi,” jelasnya.

Diketahui, proses penyembuhan penyakit yang kini merebak tersebut membutuhkan waktu tujuh hingga empat belas hari.

Mendekati momen lebaran Qurban, DKPP Kota Kediri sigap menentukan langkah berupa akan membuka kembali pasar hewan yang dinyatakan tutup sementara sejak 28 Mei hingga 24 Juni mendatang.

“Sebelumnya kita diskusi untuk memperpanjang penutupan pasar hewan sampai tanggal 24 Juni mendatang. Setelah itu kami upayakan dibuka untuk persiapan pasar Idhul Qurban dan setelah Idhul Qurban tidak ada penutupan pasar hewan lagi,” ungkap Ridwan.

Sementara pada kegiatan tersebut, drh Pujiono, Petugas Lapangan DKPP Kota Kediri menegaskan kondisi sapi yang sehat layak untuk qurban. “Untuk menyatakan kondisinya, dari dinas mengeluarkan surat keterangan sehat untuk memberikan izin pemotongan hewan,” ucap drh Puji.

Ia menegaskan surat keterangan sehat tidak dapat dijadikan pengganti surat keterangan jual-beli dari maupun ke luar daerah.

Untuk mengantisipasi agar kasus tidak meroket, pihaknya telah menempuh berbagai langkah, di antaranya melakukan penutupan pasar hewan, penyemprotan desinvektan kepada hewan sehat.

Sedangkan hewan yang diindikasi sakit akan dilakukan karantina guna mendapat penanganan medis. Juga dilakukan  pemantauan melalui surat keterangan yang diterbitkan DKPP.

Drh. Pujiono jelang Idhul Qurban, dirinya berpesan kepada masyarakat Kota Kediri bahwa daging sapi yang terinfeksi PMK apabila dikonsumsi tidak dapat menular ke manusia.

Ia membagikan tips mengolah daging Sapi dengan cara direbus terlebih dahulu sebelum diolah. “Jadi kalau sapinya dinyatakan sehat, masyarakat tidak perlu takut dan cemas kalau menular ke kita. Jadi kita aman makan daging sapi di masa pandemi PMK,” pungkasnya.

Polres Kediri Kota pun juga turut ambil bagian dengan melakukan pemantauan dan mengajak para peternak waspada(***)

Continue Reading

Peristiwa

Razia Yustisi, Polsek Kediri Kota Sasar Kafe Merah Putih

Published

on

Kediriselaludihati.com – Polreskedirikota.com – Polsek Kediri Kota melaksanakan Kegiatan Operasi Yustisi di wilayah hukumnya.

Operasi yustisi ini berdasarkan INMENDAGRI Nomor 43 Tahun 2022 Tentang PPKM Level 3, Level 2 dan Level 1 COVID-19. Perda Provinsi Jatim Nomor 2 Tahun 2020.

Perwalikota Kediri Nomor 32 Tahun 2020. KEPUTUSAN WALIKOTA KEDIRI – No 188.45 – /264 /419.033 /2022. Tentang Perpanjangan PPKM Level 2.

Kegiatan berlangsung Kamis 30 – 06 – 2022, pukul 20.30 WIB – selesai. Kegiatan Operasi Yustisi dilaksanakan dengan cara Patroli Mobiling.

Lokasi Caffe & Resto Amma Jln Imam bonjol kota kediri. Caffe Picco Jln Ahmad yani kota Kediri dan Warung pojok jln Ahmad yani kota kediri.

Lalu, Caffe merah putih jln Ahmad yani kota kediri. Dilaksanakan himbauan kepada masyarakat untuk tetap mentaati prokes dan tidak berkerumun.

“Dalam Kegiatan Ops Yustisi berlangsung tertib, lancar dan terkendali aman,” kata Kapolsek Kediri Kota, AKP MUSTAKIM, SH. (res/an).

Continue Reading

Peristiwa

Danramil Kota Kediri Beri Ucapan Selamat HUT Bhayangkara ke-76 kepada Anggota Polsek Kediri Kota

Published

on

Kediriselaludihati.com – Kegiatan Sinergitas TNI-POLRI dalam Rangkaian Merayakan Hari Bhayangkara Ke-76 di Mako Polsek Kediri Kota, Hari Jumat
1 Juli 2022 pukul 07.30 WIB – selesai.

Syukuran Hari Bhayangkara Ke-76 dilanjut do’a bersama dan pemotongan tumpeng.Hadir, Danramil Kota Kediri Kapten Inf Sunarjo beserta anggota dan Kapolsek Kediri Kota AKP Mustakim, SH beserta anggota.

Dalam kegiatan ini, Danramil Kota Kediri menyampaikan selamat HUT Bhayangkara ke-76. Dirinya berdoa agar Polri semakin sukses dan bersinar.

Sementara itu, Kapolsek Kediri Kota AKP Mustakim berterima kasih atas apresiasi dan perhatian yang diberikan oleh Danramil beserta anggotanya. Dia berharap sinergitas kedua instansi keamanan pemerintah ini akan terus terjaga dan semakin harmonis.

“Kegiatan berlangsung tertib, lancar dan terkendali aman.,” kata Kapolsek Kediri Kota AKP MUSTAKIM, SH. (res/an).

Continue Reading

Peristiwa

Polsek Semen Tegur Lisan 14 Pelanggar Prokes di Pasar dan Toko Pracangan

Published

on

Kediriselaludihati.com – Polsek Semen Operasi Yustisi Penerapan Protokol Kesehatan dan Pamor keris ( pratroli bermotor penegakan protokol kesehatan masyarkat ).


Kegiatan, pada Hari Jum’at tanggal 01 Juli 2022 Jam 09.00 WIB – selesai di Wilkum Polsek Semen.

Operasi Yustisi Penegakan Inpres Nomor 6 Tahun 2020. Pergub Provinsi Jatim Nomor 53 Tahun 2020 dan Perbup Kabupaten Kediri Nomor 44 tahun 2020 Tentang Penerapan Protokol Kesehatan Dalam Upaya Cegah Dan Tanggulangi Covid-19.

Hadir dalam kegiatan adalah padal harian Iptu Djoko Budi S Anggota. Aipda Khambali, Aipda Eko Nur. Aipda Himawan

Petugas melaksanakan Operasi Yustisi Lokasi Pasar Semen Jl. Argowilis dan Pracangan Ds. Semen.

Memberikan tegoran dengan cara humanis bagi pelanggar Prokes selanjutnya diberikan Masker untuk menumbuhkan kesadaran pentingnya disiplin menerapkan prokes.

Adapun hasil operasi Yustisi pelanggar protokol kesehatan terdiri dari. Tegoran lisan 14 orang dan terdiri dari 10 orang untuk jaga jarak dan 4 orang untuk memakai masker. Pembagian masker 4 buah.

“Dalam kegiatan operasi Yustisi dapat berlangsung aman, tertib, dan lancar,” kata Kapolsek Semen AKP Siswandi, S.H. (res/an).

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 kediriselaludihati.com