Connect with us

Peristiwa

Kapolresta Kediri Hadiri Pekan QRIS Nasional 2020

Published

on

Kediriselaludihati.com – Untuk mengenalkan dan meningkatkan pengguna QRIS, Kantor Perwakilan Bank Indonesia  (KpWBI) menggelar Pekan QRIS Nasional 2020 yang dilaksanakan serentak di 46 wilayah pada tanggal 9 maret hingga 15 maret 2020.  Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yaitu standar QR yang mengintegrasikan seluruh platform aplikasi pembayaran digital yang diterbitkan oleh seluruh penyedia jasa sistem pembayaran.

Sebelumnya,  KpWBI  Kediri juga telah menggelar launching QRIS untuk retribusi pasar dan pedagang pasar yang diadakan di Pasar Pahing, Rabu (11/3). Puncaknya hari ini, KpWBI  Kediri menyelenggarakan beberapa kegiatan yang sudah dimulai sejak pagi seperti senam bersama, tutorial cuci tangan yang benar serta pengumuman pemenang lomba foto dan video. Beberapa stan dari karyawan perbankan  juga turut menyemarakkan kegiatan yang diadakan di GOR jayabaya, Minggu (15/3).

Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar turut senang dengan adanya QRIS. Apalagi beberapa waktu lalu mengaplikasikannya langsung di Pasar Pahing. Menurutnya QRIS merupakan terobosan yang  memberi dampak positif pada pedagang dan para pelaku  UMKM. “Alhamdulillah Pekan QRIS nasional 2020 ada di Kota Kediri. Karena saya dari dulu yang terus mendorong supaya UMKM di Kota Kediri terus berkembang dan ditemani dengan perbankan. Ini terjawab pada hari ini. Akhirnya nanti ke depan para UMKM, pelaku usaha di Kota Kediri menggunakan QRIS. Harapannya seperti itu. Dan kemarin saya mencoba di pasar ternyata mereka sekali dua kali sudah paham dan katanya lebih enak transaksinya langsung. Ini akan menjadi terobosan khususnya bagi UMKM baru yang belum bankable akhirnya jadi bankable juga.  Karena mereka mau tidak mau harus mengenal dengan sistem ini. Saya berdoa dengan adanya QRIS ini bisa menambah keuntungan bagi seluruh pedagang, UMKM yang ada di Kediri khususnya dan umunya di Indonesia. Yang paling penting bisa memajukan perekonomian di Indonesia. Mudah-mudahan pekan QRIS nasional ini menjadi salah satu pemicu pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang sangat baik ke depannya,” harapnya.

Menanggapi merebaknya wabah virus corona hingga saat ini ditingkatkan statusnya menjadi darurat nasional, dalam kegiatan tersebut Walikota Kediri yang akrab disapa Mas Abu ini juga memberikan himbauan untuk seluruh masyarakat agar selalu menjaga kondisi tubuh dan makan makanan bergizi. “Dalam kesempatan ini, saya juga menghimbau masyarakat agar menjaga stamina dan kekebalan tubuh dengan baik. Artinya sangat penting sekali makan sayur, makan buah karena saat ini sedang ada wabah virus. Mudah-mudahan kita semua  tidak terjangkit dan aman semuanya” pesannya.

Kepala KpWBI Kediri Sofwan Kurnia mengatakan kegiatan puncak pekan QRIS ini merupakan kolaborasi kegiatan antara KPwBI Kediri serta Pemerintah Daerah. Acara tersebut diharapkan juga dapat mendorong masyarakat untuk mengenal QRIS secara langsung melalui stan perbankan dan UMKM yang telah disediakan. “Kita perlu pahami bersama saat ini kita sudah mengalami transformasi digital di berbagai aspek kehidupan. Digitalisasi telah mengubah konsep bagaimana proses bisnis dilaksanakan, bagaimana perusahaan berinteraksi dan bagaimana konsumen akan medapatkan informasi. Kita harus berinovasi merespon perubahan-perubahan tersebut untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Merespon perkembangan ekonomi tersebut, BI melakukan launching QRIS pada 17 Agustus 2019 lalu sebagai hadiah kemerdekaan bagi bangsa. QRIS menjadi standart QR code untuk pembayaran di Indonesia dan secara nasional wajib diimplementasikan per Januari 2020. Dengan QRIS para pelaku usaha dapat menerapkan model pembayaran secara non tunai dengan hanya satu macam QR code. Dari satu QR code bisa menerima pembayaran dan aplikasi manapun baik bank maupun non bank bahkan akan dapat menerima dari mancanegara. Ini untuk tahap yang berikutnya,” ujarnya.

Ditambah lagi menurut Sofwan, QRIS memiliki keuntungan yaitu mendorong kemajuan UMKM termasuk koperasi, mempercepat akses keuangan kemanapun dan bagi siapapun. Sehingga membantu peningkatan aktifitas yang saat ini tengah digalakkan pemerintah. Selain itu hasil penjualan juga bisa tercatat secara otomatis sehingga bisa memunculkan credit profile bagi bank yang mencoba untuk melihat peluang memberikan pembiayaan kepada pengguna QR code.

Di wilayah kerja KpWBI Kediri sendiri, saat ini baru dilakukan penggunaan QRIS di berbagai lokasi terutama di masjid-masjid yang ada di wilayah Kota dan Kabupaten dibawah KpWBI Kediri. Selain itu, QRIS nantinya juga akan masuk ke perguruan tinggi negeri dan swasta yang ada di Kota Kediri. “Tentunya ini kita harapkan agar bisa mendorong para milenial nantinya  bisa ikut mendorong penggunaan metode pembayaran yang bisa mempercepat pertukaran uang di Kota Kediri. Harapannya penggunaan QRIS semakin luas dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kota Kediri,” tandasnya.

Dalam acara tersebut, para undangan juga bisa langsung mencoba QRIS dengan berdonasi dan berbelanja di stan yang sudah tersedia.

Hadir pula dalam acara tersebut Kapolresta Kediri AKBP Miko Indrayana, Ketua DPRD Kota Kediri Agus Sunoto Imam, anggota komisi XI DPR RI Muhammad Sarmuji, Pengurus Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) serta beberapa pimpinan perbankan. (res|aro)

Continue Reading

Peristiwa

Tak Tega Ada Warga Kehilangan Becak, Kapolsek Mojoroto Belikan Becak Baru

Published

on

Kediriselaludihati.com – -Belum genap sepekan menjabat Kapolsek Mojoroto Polres Kediri Kota, Kompol Muhklason telah melakukan hal tidak biasa. Ia membelikan becak baru untuk tukang becak yang melapor telah  kehilangan becaknya.

Peristiwa ini bermula saat seorang laki-laki bernama Ponijan (55) warga Jalan Semeru, Kelurahan Campurejo, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri melapor ke Polsek telah kehilangan becak miliknya yang diparkir di teras  depan rumahnya

Informasi yang berhasil dihimpun On Air Fm, Ponijan baru sadar menjadi korban pencurian saat pagi hari ketika bangun pagi, Padahal  sebelum ia tidur pada Rabu malam (01/12) becak itu  diparkir diteras rumahnya seperti  biasa dan tidak pernah berpindah tempat selama puluhan tahun.

Karena becak ini menjadi sumber mata pencahariannya, Ponijan berusaha mencari keberadaan becak miliknya di pangkalan becak hingga di pasar Rosokan.

Merasa tidak membuahkan hasil, Ponijan lantas melaporkan kejadian itu kepada ketua RT setempat yang kemudian diteruskan kepada Polisi pada kamis Pagi (02/11).

Kapolsek Mojoroto Polres Kediri Kota  Kompol Mukhlason SH bersama anggotanya kemudian mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan identifikasi  dan meminta keterangan saksi-saksi.

Merasa iba dengan kejadian itu, perwira menengah dengan satu melati dipundak itu lantas  berinisiatif merogoh kocek pribadinya untuk membelikan becak baru untuk Ponijan. “Saya iba, karena korban ini memang tinggal sebatang kara. Untuk keperluan hidup sehari-hari dia ya narik becak itu. Semoga itu bisa membantu pak Ponijan,” Ujar Mukhlason.

Mukhlason mengakui, jika aksi pencurian becak adalah hal yang tidak biasa dan jarang terjadi. Sepanjang karirnya sebagai polisi, baru kali ini menemukan kasus pencurian becak. “Petugas akan terus melakukan upaya pencarian, termasuk juga memeriksa rekaman kamera pengawas yang ada di sekitar lokasi kejadian” imbuh Mukhlason. (res|aro)

Sumber: https://www.radioonairfmpare.com/2021/12/aksi-simpatik-kapolsek-mojoroto-belikan.html

Continue Reading

Peristiwa

Cegah Kejahatan, Polsek Kediri Kota Patroli Harkamtibmas

Published

on

Kediriselaludihati.com – Polsek Kediri Kota melaksanakan kegiatan Ops Yustisi dipimpin Pawas pada Hari Kamis, 2 – 12 – 2021, Pukul  09.00 Wib   –  selesai.

Pelaksanaan Giat Ops Yustisi berdasarkan. Inmendagri No.    43 Th 2021, Ttg Ppkm Level 3, 2, 1. Perda Prov Jatim No.    2 Th 2020.  Perwalikota Kediri No.    32 Th 2020. Keputusan Walikota Kediri No 188.45/264/419.033/2021.Ttng. Perpanjngan PPKM (Pembatasan Pelaksanaan Kegiatan Masyarakat).

Kegiatan Ops Yustisi dilaksanakan secara mobiling dan untuk Polsek Kediri Kota dipimpin oleh Pawas AKP Edy Endro P. SH. Padal  Iptu Cham Sunarko. Bersama Satpol PP melaksanakan kegiatan Ops Yustisi. 

Tempat Giat Razia Protokol Kesehatan di Pasar Banjaran Jl. Ir. Sutami Kel. Banjaran Kec. Kota Kota Kediri. Sanksi Ops Yustisi Teguran lisan    17.Himbauan lisan masyarakat 12 orang utk jaga jarak 5 orang utk memakai masker. Kegiatan Pembagian Masker 10  lembar.

“Selama pelaksanaan kegiatan Ops Yustisi berlangsung Mancarli,” kata Kapolsek Kediri Kota, Kompol Sugianto, S.Sos.

Kemudian, Patroli Harkamtibmas dilaksanakan Polsek Kota Kediri. Sasarannya Gereja Santo Yosep Jl.Hasanudin Kel.Dandangan Kec. Kota Kota Kediri. Spbu Jl. Imam Bonjol Kel. Ngadirejo Kec. Kota Kota Kediri. Perum Puri Kedaton Jl. Ir  Sutami Kel. Banjaran Kec. Kota Kota Kediri DannPagora Jl. A. Yani Kel. Banjaran Kec. Kota Kota Kediri.

Petugas Mlmelaksanakan patroli dan pemantauan Situasi Kamtibmas guna mengantisipasi terjadinya 3C. Kegiatan Patroli Harkamtibmas berjalan lancar  dan aman terkendali. (res/an).

Continue Reading

Peristiwa

Gerai Vaksin Presisi Merdeka Semeru Polsek Tarokan Sediakan Puluhan Dosis

Published

on

Kediriselaludihati.com – Polsek Tarokan mengadakan Gerai Vaksin Presisi Merdeka Semeru Dalam Rangka Bhakti Kesehatan Bhayangkara Untuk Negeri Polsek Tarokan.

Kegiatan pada hari Kamis, tgl 2 Desember 2021, dimulai pukul 08.00   –  10.50 WIB, bertempat di Balai Desa Kerep, telah dilaksanakan kegiatan Pelaksanaan Imunisasi tahap II Covid-19 kepada warga di wilayah Kec. Tarokan, Kab. Kediri.

Adapun pelaksanaan Gerai Vaksin Presisi Merdeka Semeru Dalam Rangka Bhakti Kesehatan Bhayangkara Untuk Negeri Polsek Tarokan.

Petugas yang terlibat dalam imunisasi vaksin Covid-19 antara lain, Dari Klinik Paramitha Medika, yaitu  4 orang tenaga kesehatan.

Polsek Tarokan IPTU Karyawan Hadi, S.H., M.H. (Kapolsek Tarokan), IPTU Budiono (Wakapolsek Tarokan), Para Kanit Polsek Tarokan, 3 Pers Polsek Tarokan.

Adapun vaksin yang digunakan yaitu coronavac sebanyak 40 dosis untuk 40 orang warga di wilayah Kec. Tarokan, Kab. Kediri.

Jumlah Vaksin  Sisa Vaksin hari Rabu sebanyak 40 Dosis, Pelaks. Gerai Vaksin Merdeka Dosis II sebanyak 40 Dosis.

“Dalam giat Gerai Vaksin Merdeka Semeru dapat berlangsung aman, tertib, dan lancar,” kata Kapolsek Tarokan Iptu Karyawan Hadi. (res/an).

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 kediriselaludihati.com