Connect with us

Peristiwa

Wabah PMK Merebak, Pemkot Kediri Tutup Sementara Pasar Hewan

Published

on

Kediriselaludihati.com – Penyebaran kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dirasa sudah menghawatirkan. Tercatat beberapa daerah disekitar Kota Kediri didapati adanya hewan ternak positif PMK. Tidak ingin masuk ke Kota Kediri, mulai 28 Mei hingga 10 Juni 2022 mendatang Pemerintah Kota Kediri tutup pasar hewan.

Hal tersebut dibenarkan oleh Ihwan Yusuf, Direktur PD Pasar Kota Joyoboyo Kota Kediri. Ia mengatakan bahwa penutupan selama 14 hari lantaran menyusul kebijakan penutupan pasar di wilayah sekitar Kota Kediri.

“Penutupan pasar hewan di wilayah tetangga seperti di Kabupaten Kediri dan Kabupaten Nganjuk sudah diputuskan. Meskipun di Kota Kediri belum didapati kasus positif namun jika pasar tidak ditutup dikhawatirkan pedagang-pedagang dari luar daerah Kota Kediri akan masuk ke Kota Kediri dan berpotensi menjadi penyebaran PMK di Kota Kediri,” ungkap Ihwan, Jum’at, (27/5).

“Apalagi di pasar hewan Kota Kediri yang berlokasi di jalan raung kelurahan Tamanan ini didominasi oleh sapi dan kambing yang mana sangat rentan terhadap virus PMK tersebut,” imbuhnya.

Lebih lanjut pihaknya juga mengatakan bahwa sebelumnya telah mensosialisasikan terkait kebijakan ini kepada para pedagang hewan ternak di Kota Kediri. “Sejak kemarin (26/5) kami sudah sosialiasikan rencana kebijakan penutupan sementara pasar hewan ini, terutama kepada para pedagang. Meskipun beberapa ada yang menolak namun kami terus berikan pemahaman bahwa hal ini merupakan langkah antisipatif guna mencegah penyebaran PMK di Kota Kediri terlebih jelang hari raya kurban tahun ini,”jelasnya.

Sementara itu, Pujiono, dokter hewan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Kediri mengatakan memang benar saat ini belum didapati kasus positif PMK di Kota Kediri. “Sempat ada laporan gejala yang mengarah ke PMK namun setelah dilakukan pemeriksaan ternyata negative PMK. Sehingga sampai saat ini Kota Kediri masih aman dan kami berupaya untuk mempertahankan kondisi ini dan mencegah virus PMK masuk ke Kota Kediri,” ungkap drh. Puji.

Saat ditanya menyoal kiat-kiat yang bisa dilakukan peternak untuk mencegah terjangkitnya PMK, ia menyarakan beberapa tips. “Memperhatikan asupan makanan ternak sangat penting, jika biasanya 1 bongkok bisa ditambah hingga 1,5 bongkok, jangan lupa berikan multivitamin untuk menjaga daya tahan ternak seperti kunir, papaya dan jamu tradisional lain,”ucapnya.

Disamping itu, pihaknya menegaskan supaya untuk sementara menghindari kunjungan dari kandang ke kandang sebab hal itu rawan dalam penyebaran PMK. “Meski virus ini tidak menular ke manusia, tapi manusia berpotensi menyebarkan virus tersebut ke hewan ternak mengingat penyebarannya pun juga sangat cepat. Jika ada satu ternak dalam satu kandang terkena sudah bisa dipastikan 1 kandang bisa terkena,” tuturnya.

“Namun jika kemungkinan terburuk hewan mengalami gejala yang mengarah ke PMK, jangan panik, sebab virus ini bisa sembuh. Bisa dengan diberikan antibiotik, penurun panas, dan pereda rasa nyeri. Bisa juga diberikan jamu tradisional, air gula dan apabila tidak nafsu makan, bisa dengan cara diloloh yang penting asupan makanan dan nutrisi tetap terpenuhi,” pungkas drh. Puji.

Sebagai informasi, Pemerintah Kota Kediri telah menyediakan layanan call center tanggap PMK di bawah naungan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian. Untuk wilayah Kecamatan Mojoroto dapat menghubungi drh. Pujiono (081335641546), Kecamatan Kota, drh. Yunus (085736421732) dan wilayah Kecamatan Pesantren, drh. Ilham (08123249648). (res/an).

Continue Reading

Peristiwa

Razia Yustisi, Polsek Kediri Kota Sasar Kafe Merah Putih

Published

on

Kediriselaludihati.com – Polreskedirikota.com – Polsek Kediri Kota melaksanakan Kegiatan Operasi Yustisi di wilayah hukumnya.

Operasi yustisi ini berdasarkan INMENDAGRI Nomor 43 Tahun 2022 Tentang PPKM Level 3, Level 2 dan Level 1 COVID-19. Perda Provinsi Jatim Nomor 2 Tahun 2020.

Perwalikota Kediri Nomor 32 Tahun 2020. KEPUTUSAN WALIKOTA KEDIRI – No 188.45 – /264 /419.033 /2022. Tentang Perpanjangan PPKM Level 2.

Kegiatan berlangsung Kamis 30 – 06 – 2022, pukul 20.30 WIB – selesai. Kegiatan Operasi Yustisi dilaksanakan dengan cara Patroli Mobiling.

Lokasi Caffe & Resto Amma Jln Imam bonjol kota kediri. Caffe Picco Jln Ahmad yani kota Kediri dan Warung pojok jln Ahmad yani kota kediri.

Lalu, Caffe merah putih jln Ahmad yani kota kediri. Dilaksanakan himbauan kepada masyarakat untuk tetap mentaati prokes dan tidak berkerumun.

“Dalam Kegiatan Ops Yustisi berlangsung tertib, lancar dan terkendali aman,” kata Kapolsek Kediri Kota, AKP MUSTAKIM, SH. (res/an).

Continue Reading

Peristiwa

Danramil Kota Kediri Beri Ucapan Selamat HUT Bhayangkara ke-76 kepada Anggota Polsek Kediri Kota

Published

on

Kediriselaludihati.com – Kegiatan Sinergitas TNI-POLRI dalam Rangkaian Merayakan Hari Bhayangkara Ke-76 di Mako Polsek Kediri Kota, Hari Jumat
1 Juli 2022 pukul 07.30 WIB – selesai.

Syukuran Hari Bhayangkara Ke-76 dilanjut do’a bersama dan pemotongan tumpeng.Hadir, Danramil Kota Kediri Kapten Inf Sunarjo beserta anggota dan Kapolsek Kediri Kota AKP Mustakim, SH beserta anggota.

Dalam kegiatan ini, Danramil Kota Kediri menyampaikan selamat HUT Bhayangkara ke-76. Dirinya berdoa agar Polri semakin sukses dan bersinar.

Sementara itu, Kapolsek Kediri Kota AKP Mustakim berterima kasih atas apresiasi dan perhatian yang diberikan oleh Danramil beserta anggotanya. Dia berharap sinergitas kedua instansi keamanan pemerintah ini akan terus terjaga dan semakin harmonis.

“Kegiatan berlangsung tertib, lancar dan terkendali aman.,” kata Kapolsek Kediri Kota AKP MUSTAKIM, SH. (res/an).

Continue Reading

Peristiwa

Polsek Semen Tegur Lisan 14 Pelanggar Prokes di Pasar dan Toko Pracangan

Published

on

Kediriselaludihati.com – Polsek Semen Operasi Yustisi Penerapan Protokol Kesehatan dan Pamor keris ( pratroli bermotor penegakan protokol kesehatan masyarkat ).


Kegiatan, pada Hari Jum’at tanggal 01 Juli 2022 Jam 09.00 WIB – selesai di Wilkum Polsek Semen.

Operasi Yustisi Penegakan Inpres Nomor 6 Tahun 2020. Pergub Provinsi Jatim Nomor 53 Tahun 2020 dan Perbup Kabupaten Kediri Nomor 44 tahun 2020 Tentang Penerapan Protokol Kesehatan Dalam Upaya Cegah Dan Tanggulangi Covid-19.

Hadir dalam kegiatan adalah padal harian Iptu Djoko Budi S Anggota. Aipda Khambali, Aipda Eko Nur. Aipda Himawan

Petugas melaksanakan Operasi Yustisi Lokasi Pasar Semen Jl. Argowilis dan Pracangan Ds. Semen.

Memberikan tegoran dengan cara humanis bagi pelanggar Prokes selanjutnya diberikan Masker untuk menumbuhkan kesadaran pentingnya disiplin menerapkan prokes.

Adapun hasil operasi Yustisi pelanggar protokol kesehatan terdiri dari. Tegoran lisan 14 orang dan terdiri dari 10 orang untuk jaga jarak dan 4 orang untuk memakai masker. Pembagian masker 4 buah.

“Dalam kegiatan operasi Yustisi dapat berlangsung aman, tertib, dan lancar,” kata Kapolsek Semen AKP Siswandi, S.H. (res/an).

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 kediriselaludihati.com