Connect with us

Peristiwa

Kapolda Jatim Berikan Pembekalan Diktuk Bintara Polri Gelombag I TA 2024 di SPN Mojokerto

Published

on

MOJOKERTO – Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Drs  Imam Sugianto,M Si bersama Pejabat Utama Polda Jatim, memberikan pembekalan kepada siswa Pendidikan Pembentukan (Diktuk) Bintara Polri, gelombang I Tahun Anggaran 2024, di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Jatim, Mojokerto. Selasa (13/2/2024). 

Sebanyak 394 siswa Diktuk Bintara Polri yang berada di SPN Polda Jatim, secara langsung mendapat pembekalan dari Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto bersama Pejabat Utama Polda Jatim, tentang wawasan kebangsaan, serta pedoman dalam menjadi anggota Polri. 

Dalam kesempatan ini, Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto berpesan kepada seluruh siswa agar memanfaatkan kesempatan yang dengan sebaik-baiknya untuk menimba ilmu pengetahuan, ketrampilan, serta menambah wawasan tentang kepolisian secara sungguh-sungguh dan bertanggung jawab. 

“Sebagai anggota Polri selama pendidikan tentunya dihadapkan dengan hal baru, yang tersusun didalam rangkaian pendidikan, pelatihan yang membutuhkan ketahanan fisik dan mental,” ucap Kapolda Jatim dalam amanatnya. 

Kapolda Jatim mengatakan dengan tekat yang kuat, para Bintara muda dapat mengikuti dan menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan pendidikan ini dengan baik.

Lebih lanjut, Kapolda Jatim menyampaikan program pendidikan Bintara dan Tamtama Polri gelombang I Tahun Anggaran 2024 ini diselenggarakan secara serentak di Sepolwan, Pusdik Brimob, Pusdik Polair, Lemdiklat Polri dan Sekolah Polisi Negara.

Total jumlah peserta didik sebanyak 8.043 orang, yang terdiri dari 7.443 Bintara pria, 600 Bintara wanita dan 1.557 Tamtama di seluruh Indonesia.

“Selamat menjalani proses pendidikan, saudara akan diberikan berbagai pengetahuan, ketrampilan serta penguasaan teknis dan taktis profesi kepolisian dasar. Hal ini sebagai bekal sebelum saudara diangkat dan dilantik sebagai anggota Polri,” paparnya. 

Selain itu, para peserta didik juga diberikan berbagai pelatihan jasmani agar nantinya memiliki kualitas fisik yang prima, serta mental kepribadian yang baik. 

“Oleh karenanya, ikuti seluruh aturan dan petunjuk serta arahan dari tenaga pendidik, instruktur dan pengasuh yang akan mendampingi kalian selama pendidikan,” lanjutnya. 

Irjen Pol Imam Sugianto menjelaskan bahwa kualitas sumberdaya manusia menjadi kunci untuk meningkatkan daya saing dalam mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan bangsa, transformasi negara-negara berkembang menjadi negara maju.

“Hal ini tidak dapat dipisahkan dari ketersediaan sumberdaya manusia yang berkualitas,” ujarnya.

Oleh karenanya, pendekatan pendidikan dilingkungan Kepolisian memiliki peran yang sangat penting, dalam mempersiapkan para calon anggota Polri, untuk menghadapi tugas  dan tanggung jawab yang kompleks. 

“Disini kita tidak hanya membentuk sikap profesionalisme, tetapi juga mengasah sikap kepemimpinan, etika dan keterampilan interpersonal yang diperlukan untuk melayani masyarakat dengan baik,” tandasnya. 

Kapolda Jatim mengungkapkan bahwa kemajuan teknologi saat ini telah merubah landscape kehidupan masyarakat menjadi lebih terbuka, tanpa batas dan serba cepat. 

“Pelayanan yang kita berikan harus didukung dengan kemampuan dan kemanfaan penggunaan teknologi. Oleh karena itu, kita dituntut harus dapat beradaptasi dan berkembang mengikuti perkembangan teknologi dan perkembangan informasi,” tambahnya. 

Dalam kesempatan ini, Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto menegaskan pendidikan pembentukan menjadi aspek penting guna mewujudkan institusi Polri yang prediktif, responsibilatas dan transparansi berkeadilan presisi. 

“Untuk mencapai hal tersebut, maka seluruh komponen pendidikan, mulai dari Siswa, tenaga pendidik maupun komponen pendidikan lainnya harus bisa bekerja sama dan membangun bersinergitas secara menyeluruh, untuk serta berkesinambungan dalam proses belajar mengajar, ” tambah Irjen Imam.

Hal itu kata Irjen Imam agar semua dapat berjalan efektif dan efisien sesuai yang diharapkan.

Ia menyebut Pendidikan disekolah Polisi ini bukanlah sekedar proses belajar mengajar, tetapi sebuah perjalanan yang akan membentuk karakter sebagai seorang Polisi yang memiliki jiwa pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat. 

Keberhasilan dan integritas sebagai seorang anggota Polri, lanjut Irjen Imam sangat terkait dengan individu yang memiliki integritas, nilai-nilai moral yang kuat dan ketaatan terhadap Hukum, sehingga akan turut menentukan wajah dan tingkat kepercayaan masyarakat kepada Polri. 

Pada kesempatan ini, Kapolda Jatim juga menyampaikan penekanan kepada seluruh siswa untuk di pedoman dan dilaksanakan, diantaranya senantiasa meningkatkan terus keimanan dan ketakwaan terhadap tuhan yang maha esa, sebagai landasan bertindak dalam pelaksanaan pendidikan maupun kehidupan sehari-hari. 

Kedua, Persiapan fisik dan mental selama mengikuti pendidikan, patuhi seluruh peraturan yang berlaku, serta hindari pelanggaran dan prilaku yang dapat merugikan kehormatan pribadi, keluarga dan institusi. 

Ketiga, menunjukkan sikap disiplin, penuh semangat dan tekat yang kuat, serta motifasi yang tinggi bahwa tujuan kalian selama berada dilembanga pendidikan adalah untuk belajar, berlatih dan menempa diri. 

Keempat, memvangun komunikasi yang interaktif dan konstruktif antar sesama peserta didik dengan pendidik, pelatih, pengasuh dan seluruh unsur pelaksana pendidikan, sehingga akan terjalin hubungan yang solid dan harmonis. 

Kelima, menanamkan sikap responsif dan ikhlas dalam proses belajar mengajar sehingga ilmu yang diberikan oleh tenaga pendidik maupun instruktur benar-benar dapat di serap oleh para siswa sekalian. 

Diharapkan dengan pembekalan yang di sampaikan oleh Kapolda Jatim ini dapat dilakukan khususnya kepada para Bintara Polri yang baru, sehingga dapat mengemban amanah tugas-tugas kepolisian sebagai pengayom, pelindung dan pelayan masyarakat. (*)

Continue Reading

Peristiwa

Sinergi TNI-Pori, Jaga Ketat Kotak Suara di PPK

Published

on

Tahapan pencoblosan telah selesai dilaksanakan, kemudian dilanjutkan dengan Rekapitulasi penghitungan suara yang akan di akukan oleh PPS dan PPK di wilayah hukum Polres Kediri Kota

Hal ini memungkinkan meningkatkan potensi gangguan pada tahapan Rekapitulasi, sehingga kehadiran aparat keamanan sangat diperlukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kami telah menyiagakan anggota polisi dan di bantu TNI serta linmas untuk mengawal prose rekapitulasi ini,” ungkap Kasi Humas Polres Kediri Kota Ipda Nanang Setyawan SH

Menurutnya, penggamanan terhadap proses Rekapitulasi suara yang sedang dilakukan oleh Penyelenggara Pemilu Kecamatan bertujuan untuk memastikan tidak terjadi gangguan sekecil apapun dalam tahapan ini.

“Rekapitulasi ini penting untuk di kawal keamanannya, karena potensi gangguan pun juga tinggi,”Ujarnya.

Ipda Nanang  juga menuturkan, bahwa seluruh titik yang digunakan sebagai tempat penghitungan suara sudah kami tugaskan sejumlah anggota polri bersama TNI serta linmas.

“Anggota kami 24 jam berjaga di lokasi Rekapitulasi dan penyimpanan Kotak Surat suara di masing-masing kecamatan,”pungkasnya.

Selain menugaskan Anggota Polres Kediri Kota dan Polsek jajaran untuk menjaga lokasi penghitungan surat suara, polisi juga berjaga di Kantor KPU, Bawaslu, PPK serta Gudang-Gudang penyimpanan Kotak suara di seluruh wilayah hukum Polres Kediri Kota

Continue Reading

Peristiwa

Tiga Pilar Keamanan Lakukan Mediasi Masalah Protes Jam Operasional Bilyard di Desa Cerme

Published

on

Kediriselaludihati.com – Bhabinkamtibmas Desa Cerme, Polsek Grogol, Polres Kediri Kota Bripka Agus SBW melaksanakan patroli sambang.

Kegiatan berlangsung, pada Hari Selasa 20 Februari 2024 mulai pukul 11.00 s/d 12.15 WIB. Lokasinya di Kantor Desa Cerme.

Petugas melaksanakan kegiatan Problem Solving .Aduan adanya usaha bilyar sampai larut malam yang menganggu lingkungan seputaran.

Hadir dalam kegiatan ini Kades Ds Cerme. Ketua RW.01. Ketua RT.03,07,18. Pemilik Usaha Bilyard (Heru S). Bhabinkamtibmas Ds. Cerme. Babinsa Ds. Cerme

Adapun yang disampaikan Ketua RT+RW. Tidak melarang adanya usaha akan tetapi tau jam waktu. Di samping Utara ada warga sakit dan selatan anak Balita di malam hari terlalu berisik dengan suara di bilyard stik bola dan teriakan pengunjung.

Sebisanya jam 21.00 wib wajib tutup, kalau melanggar pemilik diwajibkan untuk tutup usaha

Tanggapan dari Pemilik usaha bilyard. Memang belum ada Ijin akan tetapi di sarankan dari anggota polsek untuk lapor ke desa dan lingkungan setempat.

“Kemarin baru Ijin lingkungan 3 warga. Dan akan menyanggupi keluhan warga tutup bilyard pukul 21.00 WIB,” katanya.

Tanggapan dari 3 Pilar Keamanan. “Sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak p babinsa Babinkamtibmas dan ketua Rt 03,07,18 dan pak RW.01. Sebisanya mas Heru selaku pemilik usaha bilyard yang ber KTP Desa Bulawen Banyakan dan tinggal di Ds Cerme Dsn Sugihan Gg 5 kemarin sudah sampaikan sebisanya Ijin dulu di lingkungan setempat,” katanya.

“Dan di harapkan dengan adanya penyelesaian ini sebisanya Pemilik usaha bilyard, mintanya warga untuk tutup pukul 21.00 wib harus diperhatikan. Pesannya pak Bhabinkamtibmas usaha bilyard jangan ada unsur buat Judi dan pengedar narkoba serta dapatnya untuk saling jaga keamanan lingkungan,” tambahnya.

“Kegiatan mediasi berlangsung aman, lancar dan terkendali,” ujar Kapolsek Grogol AKP Widodo. (res/an).

Continue Reading

Peristiwa

Bhabinkamtibmas Ringinanom Kawal Kunjungan Pj Wali Kota Kediri ke Rumah Duka Pengawas Pemilu

Published

on

Kediriselaludihati.com – Bhabinkamtibmas (BKTM) Kelurahan Ringinanom, Aiptu Bambang Rahmadi R melaksanakan pam pengamanan kunjungan Ibu PJ Walikota Kediri Zanariah.

Orang nomor satu di Kota Kediri itu beserta Rombongan Beberapa Kepala Dinas menyampaikan santunan kepada ahli waris pengawas pemilu yang meninggal dunia.

Kegiatan berlangsung, pada Hari Rabu 21 Feb’ 2024 pukul 11.30 WIB s/d selesai. Lokasi rumah duka di Ringinanom Gg.3 No.58
RT.02 / RW.2, almarhum
Hery Krishmanto.

Kunjungan Ibu PJ Walikota Kediri Bersama Rombongan Beberapa Kepala Dinas, Sekaligus Penyampaian Santunan, Kepada Ahli Waris Dari almarhum Hery Krishmanto, Yang Meninggal Dunia Karna Sakit, Pada Saat Bertugas Menjadi PanWasKel Di Kelurahan Pakelan.

Hadir Dalam Kegiatan PJ Walikota Kediri, Ketua Bawaslu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan, Kepala Dispenduk, KA Dinas Pendidikan.

KA Dinas Perkim, KA Dinsos, Camat Kota Kediri, Tiga Pilar Kel Ringinanom dan Ketua RW/RT Setempat.

“Kegiatan kunjungan sekaligus santunan, berjalan tertib dan lancar,” ujar Kapolsek Kediri Kota Kompol Ridwan Sahara, S.H. (res/an).

Continue Reading

Trending

Copyright © 2019 kediriselaludihati.com